Friday 31 July 2015

Spesifikasi iPhone 5, Kelebihan dan kekurangannya


Berbicara mengenai spesifikasi iPhone 5 tentu tidak lepas dari kredibilitas perusahaan yang memproduksinya. Tentu kita semua tidak asing lagi bahwa Apple iPhone 5 diproduksi oleh Apple Inc. yang perilisan pertamanya pada tanggal 12 September 2012 dan mulai dipasarkan di Indonesia sejak tanggal 14 Desember 2012. Sejak kemunculannya, ponsel ini mampu mengalihkan perhatian kebanyakan pecinta smartphone kepadanya. Betapa tidak, sistem operasi pada iphone 5 sudah menggunakan iOS 7 yang mendukung aplikasi berjalan pada prosesor 64bit dan dilengkapi dengan tampilan layar berukuran 4 inchi (versi sebelumnya hanya 3.5 inchi) dengan resolusi 640×1136-pixel.

Dari segi desain, iPhone 5 tampil dengan desain yang lebih ramping dan terkesan mewah. Ketebalannya hanya 7,6-mm dengan berat 112-gram, sangat ringan sehingga mudah dan nyaman  untuk dibawa ke mana-mana. Varian warnanya pun lebih banyak dan menarik seperti warna merah muda, kuning, emas, hitam, biru, dan putih, dan beberapa warna menarik lainnya. Ini berbeda dengan iphone 4 yang hanya memiliki 2 varian warna saja yaitu warna hitam dan putih.

Dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi iPhone 5 yang kami paparkan di atas, tidak heran jika penjualan iPhone 5 di pasaran smartphone meledak sejak awal perilisannya. Michael Walkley dari Canaccord Genuity’s Apple sebagaimana yang disebutkan dalam situs forbes.com mengatakan bahwa iPhone 5S paling banyak terjual oleh 4 operator besar di Amerika antara bulan oktober 2013 sampai bulan februari 2014.

Pihak Apple Inc. sengaja merilis iPhone 5 untuk pasaran kelas menengah keatas, sehingga tidaklah mengherankan jika harga yang ditawarkan pada iPhone 5 ketika perilisan pertamanya berada di kisaran harga 12-14 juta rupiah dan sekarang telah mengalami penurunan harga menjadi kisaran 6-10 juta, tergantung seri dan spesifikasi iPhone 5 yang ditawarkan tersebut.

Berbeda dengan iPhone 4 yang hanya memiliki 2 seri, iPhone 5 memiliki tiga seri yang dikeluarkan yaitu iPhone 5, iPhone 5S, dan iPhone 5C. Adapun rinciannya adalah iPhone 5 32GB dan 64GB, iPhone 5S 16GB, iPhone 5S 32GB dan iPhone 5S 64GB, iPhone 5C 16GB dan iPhone 5C 32GB. Tidak banyak perbedaan yang terlihat diantara ketiga seri ini, yang membedakan iPhone 5 dengan versi 5S dan 5C hanyalah dari sisi ukuran dan meterial body yang dipakai, adapun dari sisi lainnya memiliki kesamaan. Namun yang paling laris dipasaran saat ini dan memiliki spesifikasi yang paling tinggi adalah harga iPhone 5S Gold yang berwarna emas disebabkan kapasitas memori penyimpanan internalnya yang lebih besar dibandingkan seri iPhone 5 lainnya.




Spesifikasi iPhone 5 : Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan dan kekurangan yang ada pada sebuah produk adalah hal yang lumrah. Secanggih apapun produk tersebut tidak mungkin sempurna 100% tanpa kekurangan sedikitpun, demikian pula halnya dengan iPhone 5 ini. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada iPhone 5 ini, anda bisa mempertimbangkan apakah yang anda butuhkan ada pada ponsel ini atau tidak. Di bawah ini anda bisa membaca lebih detail mengenai spesifikasi iPhone 5 beserta kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan iPhone 5 :

Jaringan internet yang lebih cepat :  Jaringan internet yang ditawarkan oleh iPhone 5 ini tergolong sangat cepat, mulai dari HSDPA berkecepatan 21 Mbps hingga LTE berkecepatan 100 Mbps. Selain itu, juga mendukung pada jaringan EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps.

Kualitas layar : Apple iPhone 5 memiliki ukuran layar berukuran 4-inci, yang dilengkapi dengan teknologi LED-backlit IPS LCD beresolusi sebesar 640 x 1136 piksel untuk memberikan kualitas tingkat kejernihan dan kebeningan pada tampilan layar. Sedangkan untuk melindungi layar dari goresan dan guncangan ketika digunakan maka dilengkapi dengan teknologi Corning Gorilla Glass dan oleophobic coating.

Performa yang lebih cepat : Dapur pacu pada iPhone 5 ini menggunakan Dual-core berkecepatan 1.3 GHz Swift (ARM v7-based) yang dikombinasikan dengan 1 GB RAM DDR2. Sedangkan untuk operation systemnya, iPhone 5 menggunakan iOS 7. iPhone 5 akan memberikan kepuasan bagi anda dengan hasil pengambilan gambar berkualitas tinggi berkat fitur kamera berkekuatan 8 megapiksel yang terdapat padanya. Selain itu, kamera pada iPhone 5 ini juga dilengkapi dengan beragam fitur-fitur canggih yang sangat lengkap seperti autofocus, LED flash, 1/3.2” sensor size, geo-tagging, HDR photo, HDR photo, dan masih banyak lagi. Selain pengambilan gambar, kamera pada iPhone 5 bisa untuk merekam video dengan kualitas full HD beresolusi 1080p pada kecepatan 30fps. Sementara itu, pada sisi depan terdapat kamera berukuran 1,2 megapiksel yang dapat digunakan untuk foto selfie maupun video call.

Memori internal berkapasitas besar : Beberapa tahun silam, orang-orang mengandalkan penyimpanan data-data yang mereka miliki baik berupa dokumen, audio, video dan sebagainya pada hard disk eksternal atau flash disk. Tapi sekarang orang-orang lebih senang menyimpan data-data tersebut pada ponsel atau tablet yang selalu mereka bawa kemanapun mereka pergi karena lebih simple, mudah dibuka dan dilihat kapan saja diinginkan. Semua ini tentu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Disinilah keunggulan dari iPhone 5, sebab smartphone ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas besar yang tersedia dengan tiga pilihan yang dapat dipilih salah satunya, yaitu memori internal berkapasitas 16, 32 dan 64 GB.

Konektivitas : Fasilitas ini memudahkan bagi anda untuk menghubungkan iPhone 5 dengan perangkat lainnya. Jika ingin mengirim data dengan koneksi nirkabel maka dapat memanfaatkan WiFi dan Bluetooth v4.0 with A2DP, LE. Selain itu, juga disediakan pula kabel USB v2.0.

Kekurangan iPhone 5 :

Tidak ada fitur radio FM :  Ironis memang, dengan segudang teknologi canggih yang ada pada smartphone ini, justru anda tidak akan menemukan fitur Radio FM. Bagi anda yang senang mendengarkan siaran radio tentu hal ini merupakan kekurangan yang sangat disayangkan.

Tidak ada fasilitas memori eksternal : iPhone 5 tidak memiliki slot memori eksternal sehingga anda tidak bisa memperbesar kapasitas penyimpanan pada smartphone anda. Namun jika anda pandai menggunakan kapasitas memori internal pada iPhone 5 kiranya hal itu sudah mencukupi.

Baterai : Untuk urusan daya, iPhone 5 dilengkapi baterai berkapasitas 1440 mAh. Jumlah yang terhitung masih kurang untuk membuat piranti berdimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm ini mampu hidup lebih lama. Selain itu, baterai pada iPhone 5 juga menyatu sehingga dipastikan tidak bisa dilepas maupun diganti.

Demikianlah informasi seputar harga iPhone 5, spesifikasinya, beserta penjelasan berupa kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Setelah membaca artikel ini anda sudah bisa mempertimbangkan apakah iphone 5 bisa memenuhi kebutuhan yang anda inginkan pada sebuah smartphone atau tidak. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment