Monday 3 August 2015

5 Aplikasi Android Yang Wajib Dihapus Dari Smartphone Anda


Salah satu keunggulan dari smartphone Android adalah banyaknya jenis aplikasi yang terdapat di dalamnya, baik yang gratis maupun berbayar. Aplikasi-aplikasi ini mudah untuk didownload dan tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna dalam aktifitas sehari-hari. Namun kenyataannya bahwa tidak semua aplikasi yang ter-install betul-betul digunakan dan bermanfaat bagi pengguna dalam kegiatan sehari-hari.

Setiap perangkat smartphone tentu memiliki keterbatasan pada kapasitas penyimpanan data. Semakin banyak aplikasi yang ter-install di smartphone maka semakin banyak pula daya baterai yang digunakan. Tentunya ini mempengaruhi performa dari smartphone tersebut dan memberikan efek buruk jangka panjang berupa kerusakan pada baterai.

Karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk memilah dan menggunakan aplikasi yang betul-betul diperlukan dan dipergunakan sehari-hari. Jadi, jika anda merasakan adanya penurunan pada performa smartphone anda, mungkin sudah saatnya anda menghapus aplikasi yang tidak begitu penting bagi anda.

Berikut ini beberapa aplikasi yang perlu anda hapus dari smartphone anda :


1. Aplikasi Facebook
Popularitas jejaring social ini tentu tidak diragukan lagi. Para pengguna jejaring social mengidolakan facebook karena kemudahannya dalam menghubungkan pengguna dengan siapa saja saja di dunia ini, kapan saja, dan di mana saja.

Karena popularis facebook inilah sehingga umumnya aplikasi facebook sudah tersedia di smartphone manapun tanpa perlu meng-installnya terlebih dahulu. Namun efek negatif yang ditimbulkan oleh aplikasi ini adalah kapasitas space yang diperlukan untuk penyimpanan datanya sangatlah besar sehingga aplikasi ini lebih baik di hapus.

Jika anda merupakan orang yang sering membuka facebook setiap harinya, anda cukup membukanya di browser, sebab ini jauh lebih menghemat kapasitas penyimpanan daripada meng-install aplikasi.

2. Aplikasi Perkiraan Cuaca
Bagi anda yang aktifitasnya diluar rumah atau luar kantor, mengetahui informasi perkiraan cuaca terkini tentu sangat penting karena membantu anda untuk mengetahui cuaca yang sedang berlangsung pada hari tersebut. Namun update informasi perubahan cuaca yang tampil secara berkala akan memakan banyak daya baterai, apalagi jika pengguna memasang widget tersebut di layar home. Jika anda masih tetap ingin mendapatkan informasi terupdate tentang perubahan cuaca tersebut maka gunakanlah fitur Google Now saja.

3. Aplikasi Browser Bawaan Android

Hapuslah aplikasi browser bawaan Android di smartphone anda karena hal itu banyak memakan kuota data internet. Gunakanlah aplikasi browser lainnya seperti Opera Mini, karena aplikasi opera mini memiliki fitur untuk memperkecil penggunaan kuota data internet pengguna ketika mengunjungi situs tertentu.

4. Aplikasi Clean Master Dan Sejenisnya
Pembersihan ritun cached data (data sisa) yang memakan kapasitas memori pada aplikasi perangkat Android memang terbukti dapat meningkatkan performa smartphone Android yang anda gunakan. Namun perlu dicatat bahwa Clean Master dan beberapa aplikasi lainnya seperti CC Cleaner dan Speed Booster memakan daya baterai yang banyak.

Sebenarnya untuk melakukan pembersihan tidak harus menggunakan aplikasi sejenis di atas. Yang perlu dilakukan hanyalah masuk ke program Settings, pilih pilihan Apps, lalu menuju ke direktori downloaded. Selanjutnya pilihlah aplikasi yang ingin dibersihkan dengan memilih tulisan Clean Cache.

5. Aplikasi Anti Virus Gratisan
Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi anti virus gratis yang bisa diinstall di perangkat smartphone pengguna. Dengan Kondisi perangkat Android yang memang rentan terkena serangan virus, cukup beralasan jika pengguna senang meng-install aplikasi tersebut pada smartphone mereka. Tapi tahukah anda bahwa aplikasi seperti ini umumnya memakan daya baterai dalam skala yang besar.

Untuk mencegah serangan virus, biasakanlah untuk mendownload aplikasi apapun yang anda butuhkan langsung dari Google Play Store, sebab aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store dijamin 100% aman dari serangan virus.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete